Kamis, 18 April 2013

Realisasi Pengembangan Teknologi Nuklear Untuk Indonesia


    Pada saat ini Negara Indonesia memiliki rencana untuk  membangun dan mengembangkan IPTeK nuklir pada tahun 2023. Hal ini dikarenakan karna kurangnya sumber energi yang terdapat pada Indonesia, dan tingginya ketergantungan Indonesia akan bahan bakar fosil yang diperkirakan tidak lama lagi sumber bahan bakar fosil kita akan habis apabila kita gunakan terus seperti ini. Nuklir merupaka solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan energi kita tanpa menggunakan bahan bakar fosil. Dan tidak akan mengakibatkan efek rumah kaca karna tidak menghasilkan gas carbon maupun gas polutan lainnya. Namun pada beberapa orang masih belum tau apa itu nuclear dan apa dampaknya bagi kita. Nah saya akan mengenalkan kepada kalian apa itu nuklir.

 Apa itu Nuklir?  


 Pada pandangan masyarakat awam nuklir diartikan sebagai sebuah senjata penghancur, dan dianggap berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Pandangan tersebut seringkali kita dengar dalam kalangan masyarakat sekitar. Hal ini terbukti pada saat kita menanyakan pada beberapa masyarakat di lingkungan kami. Mereka berpendapat seperti itu karena mereka melihat kejadian-kejadian yang pernah terjadi dan berkaitan akan nuclear. Seperti ledakan bom atom pada Hirosima dan Nagasaki, ledakan reactor nuklir di  fukushima dan yang terparah pada chernoblyl.

 Namun pada dasarnya nuklir bukanlah senjata yang menakutkan maupun hal yang dapat merugikan manusia dan lingkungan. Nuklear akan menjadi berbahaya apabila kita salah dalam mengolahnya. Kecelakaan nuclear didunia terjadi karna ada pihak yang tidak memenuhi standar internasional. Contohnya pada reactor di chernoblyl terjadi kecelakaan nuklir dikarenakan pendinginan reactor kurang, awalnya bermaksud agar mendapatkan panas yang maksimal dan dapat menghasilkan listrik yang banyak sehingga terjadi kecelakaan, selain itu terjadi keteledoran pada pegawainya. Sehingga kecelakaan tersebut dianggap murni kesalahan manusia. Tetepi Nuklir akan menjadi sangat berguna apabila dilakukan dengan langkah yang benar. Dari pada pusing-pusing mari saya kenalkan apaitu nuklir dan apa saja manfaatnya bagi manusia serta bagaimana dampaknya pada lingkungan…… ^_^

 Nuklear adalah suatu reaksi pada bagian inti atom yang akan mengahasilkan sebuah energi dan radiasi. Reaksi nuklir terbagi menjadi dua yaitu reaksi penggabungan inti (fusi) dan reaksi pembelahan inti (fisi). Energi nuclear yang sering digunakan adalah energi panasnya. Nuclear untuk reaksi fusi berbahan bakar hydrogen. Dan untuk bahan bakar pada reaksi fisi berbahan bakar unsur bernomor atom besar dan dapat menyerap neutron.

 Teknologi nuklir dapat dimanfaatkan dalam bidang energi yaitu sebagai pembangkit listrik, dapat juga dimanfaatkan dalam bidang pangan untuk rekayasa genetik dalam menciptakan bibit unggul, serta bermanfaat pula dalam bidang medis. Saya jelasin satu-satu ya manfaat dan bagimana pemanfaatannya lebih rinci lagi. 

 Nuklir digunakan sebagai PLTN. Nuklir dapat dimanfaatkan sebagai energi dengan cara memanfaatkan panas dari hasil reaksi untuk memanaskan air dan diubah menjadi uap yang nantinya uap tersebut akan digunakan sebagai pemutar turbin dan akhirnya menghasilkan listrik. Bahan bakar nuklir salah satunya adalah uranium, uranium itu sendiri jumlahnya banyak di alam. Karena terlalu panasnya reaksi, sebuah reactor harus berada dekat dengan sumber air yang luas seperti  danau dan laut yang nantinya berguna untuk mendinginkan bagian dalam reactor. Di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan lisriknya tercatat hampir  50%nya berasal dari PLTU(pembangkit listrik tenaga uap) yang berbahan bakar batu bara dan minyak bumi. Bahan bakar yang diperlukan dalam 1 tahun untuk PLTN dan PLTU berkapasitas 1000 MW. Dapat terlihat bahwa untuk 1 gram bahan bakar Uranium dapat menghasilkan energi listrik yang setara dengan 3 ton bahan bakar batubara, atau 2000 liter minyak bumi. sehinnga dapat mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil. Serta dapat membebaskan kita dari polusi udara.


 Nuklir untuk pangan. Nuklir dapat digunakan dalam pangan karena pada reaksi nuklir akan menghasilkan energi dan radiasi. Radiasi inilah yang dipergunakan dalam mengubah genetika pada bibit dan dapat menghilangkan gen jelek pada tumbuhan. Sehingga diperoleh bibit unggul yang sempurna. Dan cocok sekali apabila dikembangkan di Indonesia. Mengingat tanah pertanian yang tinggal sedikit di Indoneia. Jadi sangat pentingnya pengolahan bibit unggul di Indinesia agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya dengan memaksimalkan lahan yang sedikit. Nuklir juda dapat digunakan sebagai pengawet pangan tanpa bahan kimia. Karena dapat membunuh bibit penyakit tanpa mempengaruhi gizi makanan.

  Nuklir juga dapat dimanfaaatkan dalam dunia medis. Seperti halnya teknologi nuklir untuk pangan, nuklir untuk medis juga memanfaatkan radiasinya Dalam dunia medis, nuklir digunakan untuk merontgen bagian dalam tubuh dengan cara dipaparkan radiasi dalam waktu singkat, dapat pula membantu dokter melihat kerusakan organ dalam tubuh dengan cara memasukan obat radiasi kedalam tubuh dan di deteksi letak kebocoran radiasi yang paling banyak dan disitulah dokter dapat menganalisis penyakit pasien, serta nuklir dapat mensterilkan peralatan medis karena tidak ada makhluk hidup yang dapat hidup dengan paparan radiasi dalam jumlah banyak.

 Sebetulnya manfaat nuklir tidak berhenti sampai disini saja. Nuklir dalam dunia industri juga tetap diperlukan yaitu untuk mensterilkan alat, mendeteksi adanya kesalahan, dan mengatur tebal tipisnya kertas dalam industri kertas. Sedangkan untuk dunia bahan bakar seperti perusahaan minyak dapat dimanfaatkan untuk menditeksi kebocoran minyak. Dan nuclear dapat berguna juga untuk mengetahui berapa umur sebuah benda. Dan masih banyak lagi…….

 Dampak nuklir pada lingkungan dapat dikatakan tidak ada, apabila pengolahannya dilakukan secara benar. Nuclear juga tidak mengeluarkan gas polutan. Nuclear biasanya menghasilkan limbah berupa padatan, cairan dan gas. Pada bentuk padatan dan cair memiliki tingkat radiasi tinggi-sedang. Sedangkan cair dan gas memiliki tingkatan radiasi sedang-rendah. Di dunia terdapat standar pengelolaan limbah nuclear berbagai tingkatan radiasi. Untuk limbah beradiasi tinggi bisanya diubah wujudnya menjadi cair atu gas dan masih dalam pengelolaan serta pemantauan dari lembaga. Sedangkan limbah beradiasi kecil di letakan pada lingkungan yang jauh dari masyarakat hingga limbah tersebut tidak mengeluarkan radiasi lagi. Karna radiasinya sedikit  jadi efeknya sama seperti radiasi yang terdapat di alam pada umumnya seperti cahaya matahari. Jadi jangan khawatir kalau lingkungan kita akan rusak, pokoknya aman ko…… ^_^

 Kalau energi listrik melimpah bukan hal yang tidak mungkin jika nantinya akan terciptanya kendaraan bertenaga listrik secara massal yang bisa dipastikan ramah lingkungan. Dan bukan hal yang tidak mungkin kalau nantinya Indonesia tidak memerlukan impor pangan. Serta akan bertambahnya tingkat kesehatan penduduk apabila fasilitas di Rumah Sakit didukung sepenuhnya dengan teknologi nuclear.

 Tetapi hal tersebut tidak akan terealisasi tanpa dukungan dari masyarakat. Jadi hilangkan pandangan negative kalian terhadap nuclear. Dan ayo para  generasi muda ikuti juga lomba di www.nuclearyouthsummit2013.com untuk menambah pengalamanmu. Mari kita sama-sama pelajari lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan nuklir agar nantinya kita dapat membangun nuklir dengan tangan anak bangsa kita sendiri tanpa perlu campur tangan asing. Tunjukan pada dunia kalau Indonesia juga dapat seperti Negara besar lainnya…….   ^_^





penulis,
Mahmudi Bagus S

6 komentar:

  1. wah cukup meyakinkan masyarakat tuh :)

    BalasHapus
  2. Bagus nih buat nambah pengetahuan ^^

    BalasHapus
  3. keren gan.. ane dukung demi kemajuan bangsa indonesia :thumbup

    BalasHapus
  4. iya semoga bermanfaat. maaf ya ada kata-kata yang salah ^_^

    BalasHapus
  5. iya betul tuh dengan nuklear indoneasi akan lebih maju. dan semoga generasi muda juga maju ya :)

    BalasHapus